Senin, 09 Desember 2013

NAPAK TILAS SEJARAH WAJO

NAPAK TILAS

Ini adalah contoh PROPOSAL KEGIATAN NAPAK TILAS yang telah di laksanakan oleh Anak Dewan Kerja Cabang Wajo.




BAB I
PENDAHULUAN
A.        UMUM
1.         Dalam rangka memperlancar kegiatan persiapan dan pelaksanaan Napak Tilas, perlu adanya suatu rencana kegiatan secara lengkap dan terperinci agar dapat dipahami oleh seluruh unsur yang terkait.
2.         Untuk memperlancar Mekanisme Pelaksanaan Tugas pada Kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Wajo tahun 2013 tersebut diperlukan adanya pemahaman isi petunjuk pelaksaan bagi para Peserta, Sangga Kerja dan Pembina yang akan bertugas di Lapangan.
B.        DASAR
Petunjuk Pelaksaan ini berdasarkan pada :
1.         Undang-Undang Repulik Indonesia Nomor : 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka
2.         Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor : 24 tahun 2009 tentang Pengesahan Anggaran Dasar Gerakan Pramuka,
3.         Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor  :  203 tahun 2009 tentang Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka,
4.         Keputusan Kwartir Nasional Nomor : 214 tahun 2007 tentang Petunjuk Penyelenggaraan Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega,
5.         Saran dan Petunjuk Pimpinan Kwartir Cabang Wajo.
C.        MAKSUD DAN TUJUAN
1.         Maksud Panduan Pelaksanaan ini adalah sebagai pedoman bagi unsur penyelenggara (Sangga Kerja dan Pembina), serta Calon Peserta dalam persiapan awal melaksanakan kegiatan.
2.         Tujuan Panduan Pelaksanaan ini adalah untuk mengatur semua hal yang berkaitan dengan kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Wajo tahun 2013, yang menyangkut tahap persiapan pelaksanaan dan pengawasan agar berjalan tertib dan lancar sesuai rencana.
D.        RUANG LINGKUP
BAB I       :    Pendahuluan
BAB II      :    Gambaran Umum Penyelenggaraan
BAB III     :    Pedoman Kegiatan
BAB IV     :    Pedoman Persiapan Peserta
BAB V      :    Susunan Kepanitiaan
BAB VI     :    Penutup/Lampiran

BAB II
GAMBARAN UMUM PENYELENGGARAAN
A.        PENDAHULUAN
1.         Umum
1)     Bahwa Kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Wajo Tahun 2013 merupakan Program Kerja Kwartir Cabang Wajo.
2)     Kegiatan tersebut dilaksanakan untuk memotivasi para Pramuka Penegak dan Pandega. Oleh karena itu perlu diadakan suatu kegiatan yang menarik, menantang, menyenangkan, yang mengandung pendidikan dan mengarah kepada peningkatan keterampilan serta memberikan kesempatan kepada Pramuka Penegak dan pandega dalam mengembangkan kepemimpinannya serta tidak melupakan nilai-nilai budaya yang ada di Kabupaten Wajo salah satunya dengan diadakannya Napak Tilas Sejarah Wajo. Kegiatan tersebut merupakan salah satu sarana bagi generasi penerus bangsa yang diarahkan pada upaya untuk membentuk Kemandirian, Keterampilan, Wawasan dan menanamkan Jiwa Patriotisme yang menunjang pembangunan.
2.         Dasar Pemikiran
1)        Gerakan Pramuka sebagai wadah pendidikan anak-anak dan pemuda senantiasa membina dan mengembangkan pendidikan watak, karakter dan keterampilan serta bakti yang menerapkan prinsip dasar dan metode kepramukaan agar dapat menjadi kader pembangunan bangsa yang berkualitas, mandiri, berakhlak, beriman yang cinta akan budaya dan sejarah daerahnya  serta berkepribadian Pancasila.
2)        Gerakan Pramuka sebagai organisasi yang anggotanya sebagian besar generasi muda yang berkewajiban untuk berkiprah dalam pembangunan nasional secara rutin dan berkesinambungan dengan mengembangkan kegiatan yang menyentuh aspek-aspek pembangunan nasional pada umumnya dan pembangunan daerah pada khususnya salah satu cara yakni mengenal sejarah daerah dan mencitai budayanya.
3)        Dalam rangka mengamalkan Trisatya dan Dasa Dharma Gerakan Pramuka dan melaksanakan Pancakarsa Utama, maka Pramuka Penegak dan Pandega berkewajiban untuk ikut serta dalam membangun masyarakat.
3.         Dasar Penyelenggaraan
1)        Undang-Undang Republik Indonesia Nomor : 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.
2)        Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga Gerakan Pramuka,
3)        Surat Keputusan Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Nomor : 080 tahun 1988 tentang Pola dan mekanisme Pembinaan Pramuka Penegak dan Pandega.
4)        Surat Bupati Wajo Nomor : …………………………… Prihal Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013
5)        Surat Kepala Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Wajo Nomor : …………………………… Prihal Rekomendasi Pelaksanaan Kegiatan.
6)        Surat Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Wajo Nomor : ……………. Prihal Dukungan Pelaksanaan Kegiatan.
7)        Surat Keputusan Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo Nomor : 05 tahun 2013 tentang Pelaksanaan Napak Tilas Sejarah Wajo.
4.         Tujuan dan Sasaran
a.      Tujuan
Tujuan disenggarakannya Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega se-Kwartir Cabang Wajo tahun 2013 adalah untuk menanamkan nila-nilai budaya kepada anggota Pramuka khususnya bagi anggota muda golonagan Penegak dan Pandega maka perlu dilaksanakan Napak Tilas sejarah Wajo serta untuk meningkatkan semangat bakti, kepedulian sosial dan kualitas kegiatan Pramuka yang dapat dirasakan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
b.      Sasaran
1)         Untuk menjaga dan melestarikan budaya serta mengenal sejarah kabupaten Wajo.
2)         Menggugah kaum muda untuk menerapkan jiwa patriotisme dan nasionalisme.
3)         Sebagai upaya untuk mempercepat proses pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah dan masyarakat.
4)         Meningkatkan kedisiplinan, kematangan mental, fisik serta kepercayaan kepada diri sendiri.
5)         Meningkatkan semangat persaudaraan dan solidaritas seluruh anggota gerakan pramuka demi kelajutan pembangunan Kabupaten Wajo.
6)         Sebagai tempat memperoleh dan mengembangkan pengetahuan serta menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari.
B.        PENYELENGGARAAN
1.         Nama Kegiatan
Napak Tilas Sejarah Wajo bagi pramuka Penegak dan Pandega Tingkat Kwartir Cabang Wajo tahun 2013
2.         Tema
Napak Tilas Sejarah Wajo, menggugah semangat untuk melajutkan Pembangunan serta meningkatkan peran Gerakan Pramuka dalam membangun krakter dan kepemimpinan Bangsa dengan meniti budaya masa kini.
3.         Motto
Satyaku Kudharmakan, Dharmaku Kubaktikan
4.         Waktu
Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega se- Kwartir Cabang Wajo akan berlangsung dari tanggal 26 s.d 28 Oktober 2013
5.         Tempat Pelaksanaan
Kabupaten Wajo, dengan meliputi lokasi,
Kecamatan Tempe dan Majauleng.
6.         Kegiatan
a.         Long Mars
1)         Persiapan Pemberangkatan Peserta di pekarangan kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Wajo,
-           Registrasi ulang
-           Pembagian Kelompok
-           Benah diri
2)         Upacara Pelepasan oleh Bupati Wajo di Pekarangan kantor Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kab. Wajo,
3)         Anjangsana di Museum Saoraja Mallangga’E Kabaupaten Wajo
4)         Ziarah di Taman Makam Pahlawan Nasioanal Lamaddukkelleng
5)         Anjangsana di tempat-tempat bersejarah di Tosora Kecematan Majaulen antara lain :
a. Makam I Dala Tikka
b. Mesjid Tua
c. Makam Syaikh Jamaluddin Al – Akbar Al – Husabi
d. Makam Arung Matoa Latenri Lait Tosengeng
e. Makam Lamungkace Toaddamang
f. Makam La Tadangpare Puangrimaggalatung
6)         Anjangsana di Gowa Nippong Kecematan Tempe.
7)         Ramah-tamah di Gedung KNPI Kabupaten Wajo
8)         Upacara Penerimaan dan Penetupan oleh Bupati Wajo.
9)         Upacara Hari Sumpah Pemuda di Lapangan Merdeka Sengkang
b.         Materi
1)         Sejarah Wajo
(1)       Masa Berdirinya Kabupaten Wajo
(2)       Situs dan Prasejarah Kabupaten Wajo
(3)       Silsilah Pemerintahan Kabupaten Wajo
(4)       Budaya Kabupaten Wajo
2)         Pendidikan Bela Negara Oleh Komandan Kodim 1406  Wajo
3)         Kamtibmas oleh Kepala Kepolisian Resort Wajo
4)         Peran serta Generasi muda dalam upaya meningkatkan kemandirian Gerakan Pramuka untuk keberhasilan pembentukan Karakter oleh Kwartir Daerah Gerakan Pramuka Sulawesi Selatan.
c.         Lomba
1)         Pemilihan Peserta terbaik 1,2 dan 3 (putera dan puteri)
2)         Pengumpulah laporan hasil kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo dalam bentuk power point dan diserahkan kepada sangga kerja dalam bentuk soft cop
d.         Kegiatan Pelengkap
1)         Patriotisme (Apel Pagi dan Sore/SKJ)
2)         Kerohanian
3)         Pentas Seni (Pemutaran Film )
4)         Bakti Sosial
7.         Tanda Penghargaan
a.         Kepada Peserta yang aktif mengikuti kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Wajo tahun 2013 dan memenuhi persyaratan yang telah ditetapkan oleh Panitia, akan diberikan tanda penghargaan berupa  WING NAPAK TILAS.
b.         Wing Napak Tilas boleh dipakai pada Seragam Pramuka ditempat yang sesuai dengan Petunjuk Penyelenggaraan Tanda Penghargaan Gerakan Pramuka.
c.         Selain WING juga akan diberikan Sertifikat Napak Tilas bagi Peserta
8.         Peserta
Peserta Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Wajo tahun 2013 adalah Pramuka Penegak dan Pramuka Pandega se-Cabang Wajo yang telah memenuhi persyaratan yang ditentukan oleh Panitia dan Sangga Kerja. (lihat BAB IV).

BAB III
PEDOMAN KEGIATAN
A.        UMUM
1.         Pengertian
Kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013 adalah aktifitas yang dilakukan selama Long Mars berlangsung ditandai dengan Upacara Pembukaan dan diakhiri dengan Upacara Penutupan
Kegiatan yang disajikan dalam Napak Tilas Sejarah Wajo pada tahun 2013 yang dilaksakan oleh Kwartir Cabang Wajo yakni melakukan perjalan panjang dengan mengunjungi tempat-tempat bersejarah yang ada di Kabupaten Wajo, sehingga pengetahuan dan keterampilan yang diperoleh peserta, selain kegiatan akan benar-benar tampak, disamping mandapat tambahan wawasan dan pengalaman dari kegiatan yang belum dikenalnya.
2.         Tahap Kegiatan
Untuk memudahkan persiapan kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013 berikut ini disajikan tahap-tahap kegiatan antara lain :
a.         Selama Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013
mencakup seluruh kegiatan yang disajikan dalam Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013.
b.         Pasca Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013
Mencakup kegiatan yang dilaksanakan oleh peserta setelah mengikuti Napak Tilas Tahun 2013.
3.         Acara Kegiatan
Dalam rangka pencapaian tujuan dan sasaran Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013, pelaksanaan kegiatannya diarahkan sebagai berikut :
a.         Upacara Pembukaan dan Penutupan serta pentas seni (pemutaran film) diikuti  oleh seluruh Peserta Napak Tilas secara bersama-sama dan diselenggaran oleh Sangga Kerja.
b.         Kegiatan Long Mars dilakukan oleh seluruh peserta secara bersama-sama sesuai dengan Kelompok yang telah ditentukan oleh sangga kerja.
c.         Acara kegiatan Napak Tilas diikuti oleh seluruh peserta sesuai dengan aturan yang ditetapkan selama 3 (tiga) hari berturut-turut.
d.         Seluruh acara Kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo  tahun 2013 dilaksanakan secara berkesinambungan selama 3 (tiga)  hari berturut-turut dengan menggunakan metode system berkelompok yang ditentukan oleh panitia dan sangga kerja dengan memprhatikan perutusan peserta agar tercipta suasana persahabatan yang akrab, harmonis dan dinamis.
e.         Kegiatan Napak Tilas dilakukan dengan system kemah safari di 2 (dua) pusat kegiatan yakni di Kecamatan Majauleng dan Kecamatan Tempe yang diikuti oleh seluruh peserta secara bersama-sama sesuai dengan Kelompok yang telah ditentukan oleh sangga kerja.
B.        PELAKSANAAN KEGIATAN
1.         Jenis Kegiatan
a.         Kegiatan Fisik
Bentuk Penyajian Kegiatan ini dimaksudkan untuk melibatkan peserta secara langsung dalam kehidupan sosial kemasyarakatan. Kegiatan bakti merupakan suatu jenis kegiatan di luar kegiatan inti yang bersifat fisik yang akan berlangsung di Lokasi Perkemahan dan di luar Lokasi Perkemahan berupa Pembenahan Sarana-Sarana Umum.
b.         Kegiatan Non-Fisik
1)         Ceramah/Penyuluhan
kegiatan ini bersifat pemberian materi/ceramah sebagai bekal pengetahuan.
2)         Long Mars
-           Kegiatan ini adalah kegiatan yang bersifat merangsang peserta untuk menanamkan jiwa patriotisme sehingga menjadi kader pembangunan bangsa yang berkualitas, mandiri, berakhlak, beriman yang cinta akan budaya dan sejarah daerahnya  serta berkepribadian Pancasila.
-           Kegiatan Long Mars dilaksanakan mulai tanggal 26 s.d. 27 Oktober 2013  setiap pukul 08.00 – 17.00 wita.
-           Tanggal 28 Oktober 2013 mengikuti Upacara Sumpa Pemudah di Lapangan Merdeka Sengkang Pukul 07.00 wita.
-           Dengan Rute perjalanan sebagai berikut :
26 Oktober 2013
·                Start di Disporabudpar mengikuti Upacara Pembukaan dan Pelepasan peserta Napak Tilas oleh Bupati Wajo kemudian melanjutkan perjalanan menuju Saoraja Mallangga’e Kabupaten Wajo untuk anjangsana melewati Depan Gabungan Dinas Jl. Lamaddukelleng - Jl. Mesjid Raya - Jl. Latenri Lait Tosenggeng - Jl. Jend. A. Yani – (Museum Saoraja Mallangga Simenteng Pola ) kemudian melanjutkan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Nasioanal Lamaddukkelleng melewati jalan Jend. A. Yani – Jl. A. P. Pettarani (Taman Makam Pahlawan Nasioanal Lamaddukkelleng ) kemudian menuju Goa Nippon melewati Jl. A. P. Pettarani – Jl. Nanas - Jl. Kelapa - Jl. Srikaya ( Goa Nippon ). Kemudian Berangkat Ke Sitampae melewati Jl. Srikaya – Jl. Sawerigading – Jl. S. Hasanuddin – Jl. Bajo. ISOMA di mesjid di Jl. Bajo ,melanjutkan perjalanan menuju Tosora (Makam I Dala Tikka ) melalui Jl. Bajo – Padaelo – Tosampa – Desa Tua – Desa Tosora, kemudian melanjutkan perjalanan kelokasi perkemahan melalu jaln poros Desa Tosora  dan istirahat di Lapangan Sepak Bola Tosora ( lokasi perkemahan )
27  Oktober 2013
·                Melanjutkan perjalanan menuju tempat-tempat bersejarah yang ada di Tosora Kecamatan Majauleng, dari lokasi perkemahan menuju ke mesjid Tua ISOMA / makam syekh Jamaluddin Al – Akbar Al – hussain, kemudian menuju Makam Arung Matoa La Tenri Lait Tosenggeng, lanjut ke makam Arung Matoa Lamungkace Toadamang, kemudian di lanjutkan ke makam Arung Matoa La Tadangpare Puangrimaggalatung. ISOMA dan melanjutkan perjalanan menuju Ke Sengkang melewati Daerah Desa Tua – Dusun Totinco – Desa Leppangeng – Desa Tomodi – Bulu Citta - Bulu Pattiro Sompe dan Sholat disekitar Bulu Pattirosompe, kemudian menuju Gedung KNPI Kabupaten Wajo dengan melewati Jl. Sawerigading – Jl. Pisang – Jl. Lamungkace Toaddamang ( Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo) – Jl. Tomadualeng – Jl. Mangga - Jl. Nangka dan finish di Gedung KNPI
28  Oktober 2013
·                Peserta Napak Tilas Sejarah Wajo menuju Lapangan Merdeka Sengkang guna mengikuti Upacara Hari Sumpah Pemuda dan Penutupan Kegiatan Napak Tilas sebagai rangkaian Peringatan Sumpah Pemuda Tingkat Kabupaten Wajo tahun 2013.
3)         Perkemahan
Kegiatan ini adalah kegiatan yang bersifat memberikan bekal keterampilan dan pengetahuan tentang sejarah Wajo kepada para peserta untuk mempersiapkan diri hidup mandiri dan meningkatkan jiwa Patriotisme serta menamkan ketaqwaan terhadap Tuhan Yang Maha Esa, disamping itu berfungsi sebagai tempat istirahat Peserta untuk kegiatan selanjutnya.
Kegiatan Perkemahan dilakukan pada 3 tempat sebagai berikut:
26 s.d 27 Oktober 2013  :    Bertempat di Tosora
27 s.d  28 Oktober 2013 :    Pekarangan Gedung KNPI dan
                                              Darma Wanita Kabupaten Wajo
4)         Upacara Hari Sumpah Pemuda dan Penutupan di Lapangan Merdeka Sengkang pada Tanggal 28 Oktober 2013, pukul 07.00 wita sampai selesai
c.         Kegiatan Pelengkap
Kegiatan Pelengkap dilaksanakan setiap hari dan diikuti oleh seluruh peserta Napak Tilas Sejarah Wajo  tahun 2013 dengan menggunakan waktu di luar kegiatan inti, yang dilaksanakan sesuai dengan wilayah kependudukan.
Jadwal kegiatan pelengkap Napak Tilas Sejarah Wajo  tahun 2013:
1.         Kerohanian
Tanggal 26 s.d 28 Oktober 2013
Waktu      :    Setiap masuk waktu sholat
Dilaksanakan secara bersama-sama dan di Koordinir oleh Ketua Kelompok
2.         Patriotisme
Tanggal 26 s.d 28 Oktober 2013
Waktu      :    Pukul 07.30 wita (Apel Pagi)
                     Pukul 17.30 wita (Apel sore)
Dilaksanakan secara bersama-sama dan di Koordinir oleh Ketua Kelompok
3.         Olahraga (Senam Pramuka/SKJ)
Tanggal 28 Oktober 2013
Waktu      :    Pukul 05.15 wita (setelah Shalat Shubuh)
Dilaksanakan secara bersama-sama dan di Koordinir oleh Ketua Kelompok
4.     Pentas seni
        Tanggal 26 s.d 27 Oktober 2013
        Waktu          : Pukul 21.30 – 22.30
Dilaksanakan secara bersama-sama dan di Koordinir oleh Ketua Kelompok
Catatan : Jadwal kegiatan sewaktu-waktu bisa berubah disesuaikan situasi dan kondisi.
2.         Alokasi Waktu Kegiatan
a.         Alokasi Waktu Umum
1)         Pendaftaran Peserta                     :
Mulai tanggal 10 s.d 20 Oktober 2013
2)         Rapat tekhnis                                :
Kamis, 20 Oktober 2013 (pukul 08.30 s.d. selesai)
3)         Registrasi ulang peserta                :
Kamis, 26 Oktober 2013 (pukul 07.00 – 09.00)
4)         Upacara Pembukaan/Pelepasan  :
Kamis, 26 Oktober 2013 (pukul 08.00-09.00)
5)         Hari Efektif Kegiatan                     :
Mulai tanggal 26 s.d 28 Oktober 2013
6)         Upacara Penutupan/penerimaan  :   
Minggu, 28 Oktober 2013
7)         Peserta Kembali                            :   
Minggu, 28 Oktober 2013
b.         Alokasi Waktu Kegiatan Harian
1)         04.30 – 07.30       :    Bangun Pagi
                             :    Kegiatan Kerohanian
                             :    Kegiatan Olahraga
                             :    Kegiatan Pribadi
2)         07.00 – 07.30       :    Apel Pagi
3)         07.30 – 12.00       :    Kegiatan Long Mars
4)         12.00 – 13.00       :    Isoma
5)         13.00 – 17.00       :    Kegiatan Long Mars
6)         17.00 – 19.00       :    Apel Sore
                             :    Kegiatan Kerohanian
                             :    Kegiatan Pribadi
7)         19.00 – 21.30       :    Ceramah/ penyuluhan
8)         21.30 – 22.30       :    Pentas Seni ( Pemutaran Film )
9)         22.30 – 04.00       :    Kepulau Kapok

BAB IV
PEDOMAN PERSIAPAN PESERTA
A.        KONTINGEN PESERTA
1.         Peserta Kegiatan
a.         Umum
1)         Aktif di Gugus depan
2)         Pramuka Penegak dan Pandega
b.         Administrasi
1)         Memiliki dan menyerahkan Foto kopy KTAP dan Asuransi jiwa yang masih berlaku (diterbitkan oleh Kwartir Daerah)
2)         Memiliki SKU atau Surat Tanda Lulus Syarat Kecakapan Umum
3)         Menyerahkan Mandat dari Kepala Sekolah/ Ketua Mabigus
4)         Menyerahkan Surat Izin dari orang tua/wali
5)         Menyerahkan Surat Keterangan Sehat dari Dokter
6)         Menyerahkan Pas Photo Pramuka ukuran 3X4 sebanyak 3 lembar (Latar Kuning Untuk Penegak dan Latar Coklat untuk Pandega)
7)         Mengisi Biodata yang telah disediakan
8)         Membayar Kontribusi sebesar Rp. 35.000,- per orang, untuk komsumsi
c.         Perlengkapan Kelompok (Ambalan /Racana)
1)         Membawa 1 buah Laptop
2)         Diharapkan setiap kontingen Ambalan/Racana membawa buku tentang sejarah atau budaya Kabupaten Wajo,
3)         Disarankan bagi Ambalan / Racana yang memiliki baju lapangan agar
kiranya dapat dipakai pada kegiatan ini demi kesaragaman.
d.         Perlengkapan Pribadi
1)         Membawa Perlengkapan dan obat Pribadi
2)         Alat tulis dan papan sandar
3)         Membawa Seragam Pramuka, olahraga dan pakaian pribadi masing-masing 1 stel
4)         Membawa perlengkapan ibadah dan jas hujan
5)         Membawa alas tidur (matras)
6)         Membawa tempat air kapasitas maksimal 1 liter
7)         Membawa kantong tidur dan jaket
8)         Membawa senter
9)         Membawa perlengkapan makan (piring, gelas, sendok) masing-masing 1 buah
Semua perlengkapan tersebut diatas dipacking dalam 1 rangsel dibawah pada saat Long Mars Napak Tilas Sejarah Wajo
B.        PENDAFTARAN PESERTA
Pendaftaran terbagi atas Dua Tahap yaitu :
1.         Pendaftaran Tahap I
Mulai sejak tanggal 10 s.d 20 Oktober 2013 pada pendaftaran tahap pertama ini masing-masing Ambalan/Racana menyerahkan :
a.         Pernyataan keikutsertaan pada Napak Tilas Sejarah Wajo Tahun 2013
(Form. A-1 dan Form. A-2)
b.         Mandat atau Surat tugas
c.         Biodata ( Form. A-3 ), Surat Keterangan Sehat dari Dokter, Surat Izin dari Orang Tua/Wali, Surat Tanda Lulus SKU, Fotocopy KTAP dan Asuransi Jiwa Peserta dan Pembina Pendamping
d.         Membayar Kontribusi
e.         Berkas Pendaftaran sebagaimana dimaksud di atas dijilid rapi kemudian disampaikan pada Sekretariat Panitia Napak Tilas Sejarah Wajo Tahun 2013/ Kantor Kwartir Cabang Gerakan Pramuka Wajo, Jalan  Lamungkace Toaddamang No. 21 Sengkang.
2.         Pendaftaran Tahap II
Pendaftaran Tahap II dilaksanakan di kantor Kwartir Cabang Wajo  pada Tanggal 25 Oktober 2013. mulai pukul 07.00 – 08.30 Wita. Pada Pendaftaran ini Kontingen menyerahkan seluruh persyaratan administrasi peserta meliputi :
a.         Hal-hal yang belum terselesaikan pada Pendaftaran Tahap I
b.         Pembagian Kelompok perjalanan yang telah diatur oleh Sangga Kerja.
c.         Pembagian Kit Peserta.
C.        KONSUMSI PESERTA
Pelayanan, pengaturan konsumsi peserta diatur sangga kerja bersama pimpinan kontingen masing-masing perutusan Ambalan/Racana dan ditanggung oleh Panitia Pelaksana. Untuk Konsumsi makan siang pada hari Sabtu, 26 Oktober 2013 diharapkan kepada peserta membawa bekal makanan siap saji karna untuk makan siang peserta kali ini belum ditanggung oleh panitia pelaksana.
D.        AKOMODASI/FASILITAS
1.         Pemukiman Peserta
2.         Fasilitas
a.         Fasilitas Ruang/Tenda
·                Tenda sebagai tempat istirahat Peserta
·                Ruang belajar
·                Tempat Ibadah
·                Tribune Kehormatan
·                Sekretariat Sangga Kerja
·                MCK
·                Pos Kesehatan
·                Pos Keamanan
b.         Fasilitas Pelayanan
·                Pelayanan Kesehatan dari Dinas Kesehatan Kab. Wajo
·                Pelayanan Keamanan dari Polres dan Kodim 1406/ Wajo
·                Mobil oprasional Sangga Kerja
·                Pelayanan Air bersih
·                Pelayanan Listrik/Penerangan
BAB V
SUSUNAN KEPANITIAAN

Struktur Organisasi Panitia Penyelenggara Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013 dan Uraian Tugas disusun sebagai berikut :
A.        TIM PENGARAH
Merupakan Panitia yang sekaligus adalah penentu kebijakan-kebijakan panitia yang bertugas sebagai berikut :
a.         Bertanggung jawab atas segala sesuatu yang berkaitan dengan Napak Tilas Sejarah Wajo Tahun 2013
b.         Memberikan saran, pendapat, arahan dan perintah kepada sangga kerja, baik diminta maupun tidak diminta
c.         Memberikan dukungan dan bantuan moril, material dan financial atas terselenggarakannya Napak Tilas Sejarah Wajo Tahun 2013.
B.        TIM SANGGA KERJA
Merupakan kepanitiaan yang melaksanakan secara langsung proses pelaksanaan kegiatan baik secara konsepsional maupun operasional.
Sangga kerja terdiri atas Dewan Kerja Cabang  dan  Pramuka penegak/pandega se-Cabang Wajo yang telah di-SK-kan oleh Kwartir dengan tugas sebagai berikut :
a.         Melaksanakan Tahap Persiapan Kegiatan yang meliputi Perencanaan Kegiatan, Penyusunan Konsep Kegiatan, Penyusunan Juknis Kegiatan dan Persiapan Administrasi serta lapangan.
b.         Melaksanakan evaluasi pelaksanaan kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo tahun 2013 pada seluruh Unsur Sangga Kerja.
C.        PEMATERI DAN PEMANDU
Pemateri merupakan narasumber yang ahli dibidangnya, siap menyajikan materi secara detail kepada peserta tentang sejarah Wajo.
Pemandu merupakan petugas lapangan dari Dinas Pemuda, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Wajo yang bertugas memberi penjelasan tentang tempat-tempat bersejarah secara langsung bagi peserta.


BAB VI
P E N U T U P

A.        Penyelenggaraan Napak Tilas Sejarah Wajo  tahun 2013 yang dilaksanakan dari Tanggal 26 s.d 28 Oktober 2013 akan sukses dengan baik jika didukung dengan baik oleh semua pihak yang terkait. Disamping hal tersebut diperlukan beberapa Faktor penunjang keberhasilan antara lain :
1.         Perencanaan dan Penyusunan Program.
2.         Komunikasi dan Koordinasi yang baik dan lancar serta terus menerus antar Kwarcab Wajo dengan Kwartir Ranting, Gugusdepan dan Pemerintah tempat pelaksanaan kegiatan dan peran serta dari Instansi Pemerintah dan Masyarakat sangat diharapkan.
B.        Tiap Anggota Pramuka diharapkan menyerap serta memanfaatkan dan mengembangkan pengalaman serta keterampilan yang telah diperoleh saat melaksanakan Napak Tilas Sejarah Wajo.
Demikian kiranya panduan ini disajikan, semoga Allah SWT memberkati serta melindungi kita sekalian dalam rangka pelaksanaan Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega se- Kwartir Cabang Wajo tahun 2013 ini. Amin...!!
Demikian Pengaturan dan Ketentuan kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo bagi Pramuka Penegak dan Pandega Kwartir Cabang Wajo tahun 2013.
SALAM PRAMUKA..!!!
Sengkang, 1 Oktober 2013





Ketua Panitia Penyelenggara,





Drs. H. ANDI DARMAWANGSA, M. Si., LT.



Foto-foto pelaksanan kegiatan Napak Tilas Sejarah Wajo






Tidak ada komentar:

Posting Komentar