Jumat, 05 Juni 2015

Wajo Computer Centre

Wajo Computer ini adalah salah satu tempat yayasan pendidikan dan keterampilan yang ada di Kab. Wajo. Dibawah ini adalah profil dari Wajo Computer Centre



PROFIL


YAYASAN PENDIDIKAN DAN KETERAMPILAN
WAJO COMPUTER CENTRE
PUSAT SENGKANG
Jl. Puangrimaggalatung No. 37 Telp. (0485) 21781-22347 Sengkang
Kabupaten Wajo Sulawesi Selatan 90914

PROFIL LEMBAGA YPK “WAJO COMPUTER CENTRE”

A. Legalitas Lembaga
Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Wajo Computer Centre (YPK “WCC") adalah satu Lembaya yang bereksistensi pada bidang Pengembangan Ilmu Kesekretarisan yang dipadu dengan Akuntansi, Bahasa Inggris, dan Komputer yang beralamat di Jalan Puangrimaggalatung No. 37 Sengkang Kabupaten Wajo di bawah Pimpinan SITTI MARYAM, S.Sos
Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Wajo Computer Centre didirikan pada tanggal 18 Februari 1992 yang terdaftar pada Kantor Departemen Pendidikan Kabupaten Wajo Nomor : 221/KEP.106/HK/99. Dan mendapatkan Surat Izin Penyelenggaraan Latihan Kerja dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Tenaga Kerja (PMD & NAKER) Kabupaten Wajo Nomor : Kep.3267/KW.18/IV/99. Serta mendapat izin bursa kerja dari Dinas PMD & Naker Kab. Wajo No. Kep. 113/W.18/K.IV/1997. Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Wajo Computer Centre (WCC) telah memiliki badan hukum yang dikeluarkan oleh Kantor Notaris Andi Hasnah Beddu, SH di Sengkang pada tanggal 6 Desember 1994 bernomor 4 dan telah terdaftar di Pengadilan Negeri Sengkang dengan Nomor : 01/Ys/Pdt/1995/PN.Skg.

B. Rencana Induk Pengembangan
1. Visi dan Misi
- Visi : Menjadi Institusi Pendidikan Terpandang dalam menghadapi tuntutan zaman.
- Misi : - Menghasilkan lulusan siap kerja dan mandiri yang berkepribadian serta bermoral
- Membangun kemitraan kepada pihak terkait dalam berbagai hal.
- Mewujudkan kemandirian dan kreatifitas dinamis masyarakat dengan dasar nilai agama agar menjadi insan cendekia.
- Implementasi sarana dan prasarana pendidikan dan keterampilan dan sektoral lainnya yang terintegrasi.
- Pemberdayaan masyarakat melalui pendidikan keterampilan berpola kemitraan dengan pemanfaatan Sumber Daya Alam.
- Implementasi keseimbangan antara nilai agama dan budaya masyarakat dengan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi

2. Tujuan Umum dan Khusus
v Tujuan Umum
Tujuan umum YPK ”Wajo Computer Centre” adalah mencari alternatif pemecahan krusial kemasyarakatan, tenaga kerja terdidik dan terampil dan persoalan masyarakat Kabupaten Wajo sebagai daerah berbasis bisnis, pertanian, industri, dan maritim sehingga sangat akomodatif reprensentatif untuk mengembangkan potensi masyarakat yang diarahkan pada upaya:
a. Membantu program kerja Pemerintah Kabupaten Wajo di sektor pendidikan, ekonomi, dalam usaha menekan angka pengangguran “intelektual” dan beban hidup masyarakat untuk menciptakan komunitas masyarakat yang mandiri secara bertahap dam simultan.
b. Memiliki akses terhadap penambahan pengalaman hidup dan pengalaman dasar pendidikan, kesempatan kerja, latihan keterampilan serta pemupukan profesi sebagai dasar untuk perubahan struktur sosial ekonomi.

v Tujuan Khusus
Tujuan yang ingin dicapai YPK “Wajo Computer Centre” adalah:
• Menjalin kemitraan dengan sejumlah persuahaan swasta dan negeri (BUMN) yang mempunyai konsep, visi misi sama dengan YPK “Wajo Computer Centre” yang outputnya mampu mengakomodir kepentingan masyarakat kabupaten Wajo.
• Dapat mengiplementasikan konsep YPK “Wajo Computer Centre” seoptimal mungkin dengan mengkaji dan memahami esensi yang terkandung di dalamnya secara sistematis, rasional dan empiris berdasar pada kondisi.

3. Program Kerja Jangka Panjang
- Membentuk unit usaha dalam pendidikan dan pelatihan bidang komputer.
- Menambah keilmuan dibidang perkantoran/sekretaris, manajemen dan pelatihan.

4. Program Kerja Jangka Pendek
- Pemanfaatan tenaga terdidik dan terampil – manajemen SDM
- Pengembangan unit kegiatan dengan menggunakan / memanfaatkan pola-pola yang telah berjalan dan dinilai berhasil
- Pengembangan lembaga / organisasi dalam hal manajemen

5. Pendanaan
Untuk mempertahankan keberlangsungan operasional lembaga tentunya harus didukung oleh pendanaan yang diserta dengan manajemen yang memadai. Yayasan Pendidikan dan Keterampilan Wajo Computer Centre menggunakan sumber-sumber pembiayaan dari pelaksanaan unit-unit usaha yang ada di dalamnya seperti :
a. Membuka Program Pendidikan Profesi 1 Tahun Ilmu Sekretaris
b. Membuka Program Kursus Executive Operator
c. Membuka pelayanan Jasa
d. Subsidi Program Pelatihan dari Pemda Kab. Wajo



C. Instruktur / Pendidikan dan Tenaga Kependidikan
Instruktur / Pendidik dan Tenaga Kependidikan yang dimiliki YPK ”Wajo Computer Centre” adalah yang dipilih sesuai dengan latar belakang keahliannya dan telah memiliki pengalaman baik sebagai Instruktur, akademisi maupun sebagai orang lapangan (praktisi). Jumlah Pendidik Tetap yang digunakan ada sebanyak ..... (....) orang.

Profil singkat dan kualifikasi pendidik dan tenaga kependidikan
1. Agussalam
Kualifikasi : - Instruktur Komputer
- Konsultan Network Sistem Informasi
- Maintenance

2. Darwis, S.Sos
Kualifikasi : - Instruktur Komputer

3. Ahyani, S.Pd
Kualifikasi : - Instruktur Ilmu Sekretaris
- Instruktur Ilmu Perkantoran
4. Drs. Wardihan
Kualifikasi : - Instruktur Ilmu Manajemen

5. Musmuliadi
Kualifikasi : - Instruktur Komputer
- Pranata Komputer


D. Pengalaman
- Setiap tahun diadakan program magang dan dimulai sejak tahun 1995
- Setiap tahun diadakan wisuda penamatan sebagai promosi.
- Setiap tahun ke sekolah-sekolah untuk sosialisasi
E. Kegiatan yang sedang dilaksanakan
Setelah melewati masa sosialisasi dan pelaksanaan operasional awal YPK ”Wajo Computer Centre” melaksanakan kegiatan-kegiatan pendidikan dan pelatihan khususnya di bidang Program Pendidikan Profesi 1 Tahun atau 2 semester dalam jurusan :
- Sekretaris
Tujuan Pendidikan : Menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di dunia usaha baik instansi swasta maupun instansi pemerintahan sebagai tenaga sekretaris, instruktur dan pranata komputer, serta mampu membuka usaha mandiri.
G. Sarana dan Prasarana
Sarana dan Prasarana yang telah dimiliki :
a. Gedung terdiri dari :
- Ruang belajar teori
- Ruang lab komputer
- Ruang perpustakaan mini
- Ruang tamu
- Ruang tata usaha
- Kamar kecil (WC)
- Listrik daya tinggi
- Jaringan telefon
- Tempat yang strategis dan terjangkau kendaraan umum
b. Belajar dapat berupa :
- Buku pelajaran
- Bahan lain yang relevan lembar latihan (praktek)
- Komponen komputer
- Jenis-jenis komputer
c. Media pembelajaran
- Komputer
- Perkakas untuk servis komputer
- Isian monitoring
- Card I/O
- Sound Card
- Main board
- Casing
- Memory
- Hard disk
- Disk drive
- Mouse
- Printer
- Monitor
- Program bantu (Utility program)
- CD Rom
- CD Write
- Keyboard
d. Alat bantu terdiri dari :
- Avometer
- Obeng dan kunci-kunci yang dibutuhkan
- Peralatan solder

H. Manajemen Mutu
Langkah-langkah yang akan ditempuh oleh YPK Wajo Computer Centre untuk menjamin mutu pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan adalah :
1. Membuat perencanaan yang matang dengan menetapkan suatu target yang akan dicapai dan menyusun tahapan sebagai proses untuk mencapai target tersebut. Penetapan target akan disesuaikan dengan kebutuhan pasar kerja atau yang dialami oleh tenaga-tenaga sekretaris, tenaga administrasi perkantoran, operator komputer di lapangan.
2. Membuat aturan-aturan atau perangkat yang dibutuhkan untuk mendukung terlaksananya program kecakapan hidup tersebut baik secara global, khusus dan terinci mulai dari instrumen yang kecil sampai pada hal-hal yang besar, misalnya pengaturan waktu, tenaga pengajar, bahan-bahan yang dibutuhkan, pembagian job/tugas pendukung-pendukung program dan lain sebagainya.
3. Membuat dan merinci pelaksanaan secara efektif dengan metode yang praktis.
4. Melakukan kontrol yang ketat pada pengelola, warga belajar, sumber belajar dan kelengkapan untuk mendukung pelaksanaan program pendidikan dan pelatihan dengan berpedoman pada aturan yang telah ditetapkan dan dilakukan antisipasi dini jika terjadi pelanggaran-pelanggaran yang bersifat fatal.
5. Melakukan evaluasi dari seluruh item kegiatan dengan membuat bobot penilaian sehingga dapat terukur hasil yang ingin dicapai.
6. Mengadakan kerjasama dengan seorang profesional untuk mengawasi pelaksanaan keuangan sekaligus sebagai konsultan/auditor keuangan.

I. Pencapaian Hasil
Jumlah peserta yang menyelesaikan kegiatan belajar ini diharapkan minimal 75% dari jumlah yang dilatih dengan tingkat kompetensi yang dikuasai adalah mampu menguasai ilmu manajemen dan teknologi komputer terutama dalam bidang administrasi perkantoran (sekretaris) untuk dapat bekerja sebagai seorang yang mampu memenuhi kebutuhan selera pasar usaha. Selain kecakapan di bidang komputer dan sekretaris para peserta juga diharapkan memiliki keterampilan mengenal diri (self awareness) atau kecakapan pribadi (personal skill), kecakapan sosial (social skill), kecakapan berpikir (thinking skill), kecakapan akademik (academic skill) dan kecakapan kejujuran (vocational skill) sementara sisanya dapat bekerja sebagai tenaga operator komputer karena telah dibekali dengan kemampuan keterampilan penggunaan program aplikasi, terutama aplikasi komputer untuk perkantoran.
Seluruh peserta yang telah menyelesaikan pendidikan dan pelatihan kecakapan hidup ini akan didaftarkan dan disalurkan untuk bekerja melalui bursa tenaga kerja, Dinas Tenaga Kerja Kab. Wajo ataupun melalui usaha-usaha yang akan dilakukan oleh YPK ”Wajo Computer Centre” untuk mencari peluang kerja di lingkungan instansi pemerintah ataupun swasta atau bahkan di masyarakat.
Sebagian lainnya dari warga belajar yang masih belum mendapatkan pekerjaan akan dibantu dan diusahakan untuk benar-benar bisa bekerja secara mandiri untuk membuka usaha sendiri.

atau anda bisa langsung berkunjun di WCC18.blogspot.com.

Terimah Kasih.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar